berita-publik

Survei Y-Publica: Pasangan Agustina-Iswar Unggul Atas Yoyok-Joko di Pilkada Kota Semarang

Selasa, 17 September 2024 | 12:03 WIB
Suasana rilis hasil Y-Publica terkait elektabilitas pasangan Agustina-Iswar dan Yoyok-Joko di Pilkada Kota Semarang. (Foto: Dok. Y-Publica)

Arahpublik.com - Survei Y-Publica, menunjukkan pasangan Agustina Wilujeng Pramestuti-Iswar Aminuddin, unggul dari pasangan Yoyok Sukawi-Joko Santoso, di Pilkada Kota Semarang.

Hasil survei Y-Publica yang dilakukan pada 7-12 September 2024, menghasilkan elektabilitas pasangan Agustina-Iswar Aminuddin, mencapai 35,4 persen.

Sementara, pasangan Yoyok-Joko Santoso, hanya mendapatkan 29,7 persen. Padahal, pasangan ini didukung 17 partai politik (parpol).

Baca Juga: Geger! Wasit Ditinju Pemain Sepak Bola dalam Ajang PON 2024, Ini Deretan Kasus Serupa yang Pernah Viral di Indonesia

Sedangkan pasangan Agustina-Iswar Aminuddin, hanya diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP). Namun, bisa unggul elektabilitas di Pilkada Kota Semarang.

Diketahui, Pilkada Kota Semarang hanya diikuti dua pasangan calon, yakni Agustina - Iswar Aminuddin, serta Yoyok Sukawi - Joko Santoso.

Hal ini diungkapkan kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, dalam rilis survei di Kota Semarang, Senin (16/9/2024).

Baca Juga: 5 Perusahaan di Indonesia Masuk Daftar Terbaik Dunia 2024 Versi Majalah TIME, Intip Faktor Keberhasilan yang Perlu Diketahui!nya!

“Elektabilitas Agustina-Iswar sebesar 35,4 persen, sementara Yoyok-Joko mendapat 29,7 persen. Namun, dinamika elektabilitas dua pasang kandidat masih bisa dinamis,” ucapnya.

Rudi mengatakan,  jumlah responden yang belum memutuskan pilihan masih sangat besar, yakni 30,2 persen.

Sedangkan, responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 4,7 persen.

Baca Juga: Pj Gubernur Nana Sudjana Apresiasi Kafilah Jateng Pada MTQ Nasional ke-XXX, Ini Pesannya!

“Sebagian besar undecided voters adalah kelas menengah dan terpelajar. Mereka belum memutuskan pilihan politik karena masih menunggu masa kampanye dan sosialisasi visi-misi kandidat,” ungkapnya.

Menurut Rudi, karena jumlahnya yang cukup besar, yakni sepertiga dari pemilih, maka keberadaan undecided voters bisa menjadi kekuatan penentu hasil akhir Pilkada.

Faktor Pendongkrak Elektabilitas

Halaman:

Tags

Terkini