berita-publik

Perasaan Jokowi Mendarat Perdana di Bandara Nusantara IKN, Disambut Prosesi ‘Water Salute’

Rabu, 25 September 2024 | 12:38 WIB
Presiden Jokowi menggunakan pesawat kepresidenan RJ-85, tiba Bandara Nusantara, IKN, Selasa (24/9/2024). (Foto: Dok. BPMI Setpres)

Arahpublik.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengungkapkan perasaanya usai mendarat di Bandara Nusantara, kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Jokowi menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85, saat mendarat perdana di Bandara Nusantara, IKN, pada Selasa, 24 September 2024, sekira pukul 16.15 WITA.

Saat mendarat, pesawat yang ditumpangi Presiden Jokowi, disambut dengan prosesi water salute, sebagai momen bersejarah dalam operasional bandara di IKN.

Baca Juga: Menyingkap Makna Nomor Urut Bagi Ahmad Luthfi-Taj Yasin dan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi di Pilkada Jateng 2024

Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas suksesnya pendaratan perdana tersebut.

“Alhamdulillah ini landing yang pertama, yang semuanya berjalan dengan baik alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar,” tutur Jokowi,  Selasa (24/9/2024).

Kepala Negara mengatakan, pendaratan di Bandara IKN merupakan yang pertama kali dilakukannya sejak bandara tersebut rampung dibangun.

Baca Juga: Survei Poltracking di Pilkada Jateng: Ahmad Luthfi-Taj Yasin Unggul dari Pasangan Andika-Hendi

“Dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara (Nusantara Airport),” ujar Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi meninjau sejumlah fasilitas bandara untuk memastikan kelayakan serta persiapan lebih lanjut.

Perubahan Bandara Nusantara

Baca Juga: Semakin Solid, Timnas U20 Indonesia Siap Berjuang di Kualifikasi Piala Asia U20 2025

Bandara Nusantara, yang sebelumnya direncanakan sebagai bandara VVIP, akan dikonversi menjadi bandara komersial guna melayani penerbangan umum, termasuk haji dan umrah.

Jokowi mengatakan, perubahan status bandara dari VVIP menjadi bandara komersial segera dilakukan.

“Saya tadi sudah perintahkan Menteri Perhubungan agar segera diubah menjadi bandara komersial, airport komersial, airport untuk umum, bisa untuk haji, untuk umroh, dan untuk yang lain-lainnya,” jelasnya.

Halaman:

Tags

Terkini