berita-publik

Puan Maharani Digadang Kembali Jadi Ketua DPR, Begini Soal Kontroversinya Selama Berkarier di Dunia Politik

Selasa, 1 Oktober 2024 | 15:19 WIB
Potret Ketua DPR RI Puan Maharani (baju hitam). (Foto: Instagram.com/@puanmaharaniri)

 

Arahpublik.com - Ketua DPR RI Puan Maharani tak menampik kemungkinan dirinya kembali terpilih menjadi ketua lembaga legislatif itu pada periode selanjutnya.

Sementara ini, Puan mengaku hanya ingin fokus untuk melantik para anggota DPR RI Periode 2024-2029.

"Laksanakan pelantikan dulu saja dengan sebaik-baiknya, setelah itu selesai baru akan ada mekanisme selanjutnya," kata Puan.

Baca Juga: Bocoran Proyek Strategis Nasional di Magelang yang Segera Diresmikan, Pj Gubernur Jateng Jalin Komunikasi dengan Istana

Hal itu disampiakannya usai memimpin rapat paripurna terakhir DPR periode 2019-2024 di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, pada Senin (30/9/2024).

Puan menjelaskan, mekanisme selanjutnya yang dimaksud, yaitu pembahasan mengenai pemilihan Ketua DPR setelah proses pelantikan para anggota DPR selesai.

Tentunya, dilakukan berdasarkan hasil rapat konsultasi dari fraksi-fraksi atau perwakilan partai yang diwakili oleh fraksi.

Baca Juga: Aksi Pembalap MotoGP Fabio Quartararo di Mandalika Curi Perhatian: Ambil Uang di ATM BRI, Lalu Bagi Duit ke Bocil

"Setelah itu baru kami akan bicara terkait dengan mekanisme pemilihan pimpinan DPR yang akan datang," pungkasnya.

Terkait mekanisme pemilihan pimpinan DPR RI itu, disebut-sebut Puan telah mendapat dukungan kuat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Said Abdullah yang ikut angkat bicara terkait kemungkinan Puan kembali menduduki kursi Ketua DPR RI.

Baca Juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Erick Thohir Sebut Demi Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Said menegaskan, nama Puan sudah menjadi final sebagai satu-satunya kandidat yang akan menjabat sebagai Ketua DPR RI pada periode 2024-2029 mendatang.

"Insya Allah kalau dari PDI Perjuangan calonnya tunggal Ibu Puan Maharani, sudah selesai, final," tegas Said, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Halaman:

Tags

Terkini