berita-publik

Menyoroti Sindiran Cawagub Banten Dimyati Soal Perempuan ‘Berat’ Jadi Gubernur: 7 Wanita Indonesia Ini Justru Mampu Jadi Pemimpin

Kamis, 17 Oktober 2024 | 20:56 WIB
Potret Paslon Nomor Urut 2 di Pilgub Banten 2024, Calon Gubernur (Cagub) Andra Soni (kanan) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Dimyati Natakusumah. (Foto: Instagram.com/@dimyati.natakusumah)

Arahpublik.com - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Nomor Urut 2, Dimyati Natakusumah, mengungkap pandangannya soal perempuan dalam debat perdana Pilgub Banten 2024.

Dimyati menilai, perempuan harus mendapat perhatian karena memiliki peran yang spesial sehingga terlalu berat untuk menjadi seorang gubernur.

"Oleh sebab itu, wanita jangan terlalu dikasih beban berat. Apalagi jadi gubernur, itu berat lho," ujar Pasangan Cagub Andra Soni itu dalam segmen tanya jawab Debat Pilgub Banten 2024, di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga: Bahlil Kritik Industri Nikel di Morowali, Begini Rekomendasi sang Menteri ESDM Soal Kebijakan Hilirisasi di Sidang Terbuka UI

Kemudian, Dimyati menganggap peran laki-laki yang akan memaksimalkan wilayah Banten untuk maju.

"Oleh sebab itu, laki-lakilah yang memaksimalkan Banten ini maju," tegasnya.

Pernyataan Dimyati dinilai publik untuk menyindir Cagub Nomor Urut 1, Airin Rachmi Diany, sebagai sosok perempuan yang menjadi kompetitornya di debat perdana Pilgub Banten 2024.

Baca Juga: BRI dan IPB University Resmikan Balai Rakyat Indonesia: Kolaborasi Perkuat Program Pemberdayaan Masyarakat

Cawagub Nomor Urut 1, Ade Sumardi, memilih tidak merespon sindiran Dimyati soal perempuan yang 'berat' menjadi seorang gubernur.

Ade memilih mengungkap janji soal perempuan dan anak yang harus dilindungi, dan tidak ada lagi kekerasan seksual terhadap mereka.

"Makanya, kita adakan bimbingan konseling (perempuan dan anak)," ujar Cawagub Nomor Urut 1 di Pilgub Banten 2024 itu.

Baca Juga: GIIAS Semarang 2024: Ini Rute Alternatif Menuju Venue Pameran di Muladi Dome Undip

Menilik soal pernyataan Dimyati itu kini menjadi bias terkait eksistensi wanita Indonesia yang maju berpolitik sebagai seorang pemimpin.

Berdasarkan pengamatan, terdapat sejumlah sosok perempuan yang sukses menjadi pemimpin di Indonesia. Berikut ini di antaranya:

Baca Juga: Human Capital BRI Raih Indonesia Distinguished Human Capital Leader Awards 2024: Dinilai Sukses Terapkan Program Transformasi

Halaman:

Tags

Terkini