berita-publik

Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres Terpilih Libatkan 115.000 Personel TNI-Polri, Ini Jadwal Prabowo-Gibran Diambil Sumpah

Jumat, 18 Oktober 2024 | 13:42 WIB
Potret Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Instagram/@prabowo)

Arahpublik.com – Sebanyak 115.000 personel dari TNI dan Polri disiagakan untuk pengamanan prosesi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ratusan ribu pasukan itu terdiri dari 100.000 prajurit TNI dan 15.000 polisi untuk mengamankan acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres).

Diketahui, pelantikan Presiden dan Wapres akan berlangsung di Gedung Nusantara Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Murah Meriah! Cek Harga Tiket GIIAS Semarang 2024 dan Cara Pembelian, Jangan Terlewatkan Pameran Otomotif Terbesar Tanah Air

Markas Besar TNI membentuk 10 satuan tugas (satgas) yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam).

Mereka bertugas untuk mengamankan tamu-tamu VVIP, mulai dari presiden, wakil presiden hingga tamu negara.

Berikut ini, 10 satgas yang tergabung dalam Kogabpadpam yang dibentuk TNI, yaitu Satgas Pengamanan Wilayah Jakarta (Kodam Jaya), Satgas Pengamanan VVIP (Paspampres).

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Cetak SDM Unggul, ‘BRI Peduli Ini Sekolahku’ Bantu Renovasi SDN 001 Sungai Pagar Kampar Riau

Kemudian, Satgas Pasukan Khusus (Komando Operasi Khusus TNI), Satgas Penerangan (Pusat Penerangan TNI).

Lalu, Satgas Medis (Pusat Kesehatan TNI), Satgas Intelijen (BAIS TNI), Satgas Laut (Komando Armada I TNI AL), Satgas Udara (Komando Operasi Udara I TNI AU).

Terakhir, Satgas Komunikasi dan Elektronika (Satkomlek TNI), dan Satgas Siber (Satsiber TNI).

Baca Juga: BRI dan IPB University Resmikan Balai Rakyat Indonesia: Kolaborasi Perkuat Program Pemberdayaan Masyarakat

Kesepuluh satgas itu dikendalikan oleh Kogabpadpam VVIP yang dipimpin oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Rachmad Jayadi.

Operasi pengamanan VVIP untuk acara pelantikan presiden dan wapres berlangsung selama sepekan, yaitu pada 17-23 Oktober 2024.

Rangkaian operasi mencakup persiapan, simulasi taktik, apel gelar pasukan, geladi kotor, geladi bersih, dan operasi pengamanan.

Halaman:

Tags

Terkini