berita-publik

Prabowo Gercep Siapkan Transisi Pemerintahan Jadi Faktor Besarnya Keyakinan Publik

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 17:41 WIB
Potrei Presiden terpilih Prabowo Subianto, saat memberikan pengarahan kepada para calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jabar, Rabu (16/10/2024). (Foto: Dok. Tim Prabowo)

Arahpublik.com - Hasil survei Litbang Kompas pada September 2024, menyebut publik punya keyakinan besar terhadap pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakakbuming Raka.

Salah satu faktor yang disebutkan dalam hasil survei Litbang Kompas tersebut, adalah gerak cepat dan strategis Presiden terpilih Prabowo Subianto, dalam menyiapkan transisi pemerintahan.

Litbang Kompas dalam survei September 2024 mencatat citra positif Prabowo tergolong tinggi, yakni 84,1 persen.

Baca Juga: GIIAS Semarang 2024 Hadir 23 Oktober, Ini Harga Tiket dan Rute Alternatif Menuju Lokasi Pameran

Citra positif terhadap Prabowo tersebut, merata diungkapkan oleh responden laki-laki maupun perempuan.

Demikian responden dengan latar belakang ekonomi bawah, menengah, dan atas, serta mereka yang berpendidikan rendah hingga tinggi.

“Gerak cepat persiapan transisi pemerintahan juga menjadi faktor lain tumbuhnya keyakinan publik,” tulis Litbang Kompas pada publikasi riset yang terbit pada Sabtu (19/10/2024).

Baca Juga: Sinergi BRI dan Pos Indonesia: Luncurkan Fitur Terbaru di Aplikasi BRImo 'Kirim Barang' melalui PosAja!

“Kepemimpinan Prabowo-Gibran bergerak taktis menyiapkan transisi pemerintahan dengan membentuk Tim Gugus Sinkronisasi Prabowo-Gibran pada akhir Mei 2024,” lanjut dalam tulisan Litbang Kompas.

Tim bentukan Prabowo-Gibran tersebut, bertujuan untuk menyiapkan proses pemerintahan berikutnya dengan melakukan sinkronisasi program dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Sejumlah anggota tim juga bergabung dengan kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin untuk mendukung kesinambungan pembangunan.

Baca Juga: Sang Dirut Sunarso Dinobatkan Sebagai CEO of The Year: BRI Raih Dua Penghargaan Bergengsi Pada detikcom Awards 2024

Kemudian faktor keyakinan publik berikutnya yang dicatat survei Litbang Kompas adalah manajemen pemerintahan berbasis perencanaan yang diterapkan Prabowo dalam menyusun kabinetnya.

Tiga hari jelang pelantikannya sebagai presiden, Prabowo bahkan telah mengumpulkan para calon anggota kabinetnya untuk mendapatkan pembekalan.

“Tak hanya membangun soliditas kabinet, langkah ini juga menunjukkan keseriusan Prabowo-Gibran dalam menyiapkan strategi pembangunannya,” catat Litbang Kompas.

Halaman:

Tags

Terkini