berita-publik

Luhut Terima Peran Barunya di Kabinet Prabowo: Akui Tak Bisa Tolak Karena Momen Ini

Selasa, 22 Oktober 2024 | 09:02 WIB
Potret Presiden RI Prabowo Subianto (kiri) dan Mantan Menkopolhukam RI Luhut Binsar Pandjaitan (kanan). (Foto: Instagram.com/@luhut.pandjaitan)

Arahpublik.com - Presiden RI Prabowo Subianto melantik Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional di Kabinet Merah Putih periode 2024-2029.

Pelantikan Luhut sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 139/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional yang ditetapkan pada 20 Oktober 2024.

Luhut dilantik oleh Presiden Prabowo bersama menteri dan kepala lembaga setingkat menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Baca Juga: Prabowo Lebih Blak-Blakan Ketimbang Jokowi? Intip Beda Gaya Pidato Dua Sosok Presiden RI yang Ikonik

"Terhitung sejak saat pelantikan mengangkat Jenderal TNI Purn. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional," kata Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretaris Negara, Nanik Purwanti, saat pelantikan. 

Sebelum menjadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) di Kabinet Indonesia Maju pada periode 2019-2024.

Pengangkatan Luhut sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional, tidak terlepas dari peran strategisnya sebagai Menko Marves di era kepemimpinan Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: BRI Raih Dua Penghargaan Ajang The Asian Post Awards 2024 Gegara Jadi BUMN dengan Setoran Dividen Terbesar ke Negara

Di sisi lain, terdapat juga peran Prabowo di balik posisi barunya dalam Kabinet Merah Putih.

Luhut mengungkap, sang presiden tidak sungkan untuk meminta restu istrinya secara langsung sebelum ia menerima jabatan tersebut.

Dalam unggahan Instagram pribadinya, Luhut membagikan pengalamannya saat bertemu dengan Prabowo di acara Gala Dinner AKABRI 67/70 pada 21 Juli 2024 lalu.

Baca Juga: GIIAS Semarang 2024 Sediakan Area Parkir Luas, Aman dan Nyaman Bikin Pengunjung Pameran Otomotif Tidak Khawatir

Luhut dan istrinya, Devi Simatupang, berdiskusi dengan Prabowo mengenai tantangan ekonomi yang akan dihadapi Indonesia ke depan.

"Selain ikut bernostalgia bersama kawan-kawan taruna seperjuangan, beliau juga menjelaskan sedikit terkait tantangan dan potensi Indonesia di masa depan," ungkap Luhut, di Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Senin (21/10/2024).

Luhut mengatakan kawan taruna seperjuangannya itu meminta izin kepada Devi Simatupang untuk memperbolehkan dirinya mengemban posisi baru di pemerintahannya kelak.

Halaman:

Tags

Terkini