berita-publik

Mengintip Kegiatan Tiga Hari Wapres Gibran: Bertemu Delegasi Negara, Blusukan ke Proyek hingga Tinjau Makan Siang Bergizi

Selasa, 22 Oktober 2024 | 14:36 WIB
Wapres Ke-14 Gibran Rakabuming Raka, menerima memori jabatan dari Wapres Ke-13 KH Ma'ruf Amin, di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Minggu (20/10 /2024) siang. (Foto: Dok. Wapresri.go.id)

Arahpublik.com – Putra sulung Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, resmi menjadi Wakil Presiden (Wapres) periode 2024-2029.

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Minggu (20/10/2024).

Gibran dilantik bersama Prabowo Subianto sebagai Presiden Ke-8 RI periode 2024-2029.

Baca Juga: Momen Hari Santri Nasional, Pemprov Jateng Salurkan Bantuan Insentif Pengajar Keagamaan Sebesar Rp104,7 Miliar

Usai dilantik, Wapres Gibran langsung melakukan sejumlah kegiatan. Salah satunya, menerima buku “Perbaikan Berkelanjutan (al-ishlah ila ma huwal ashlah tsummal ashlah fal ashlah): Memori Jabatan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019–2024 Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin”.

Buku memori tersebut diserahkan langsung Wapres ke-13 RI, KH. Ma’ruf Amin, dalam acara serah terima memori jabatan yang berlangsung di Gedung 2 Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada Minggu (20/10/2024) siang.

Dalam momen simbolis tersebut, dua Wapres yang tercatat sebagai wakil presiden termuda dan tertua dalam sejarah Republik Indonesia, hadir bersama pasangan masing-masing.

Baca Juga: Prabowo Boyong Anggota Kabinet Merah Putih ke Akmil Magelang, Pengamat Sebut Cara Tingkatkan Disiplin dan Ketangguhan

Gibran didampingi istri Selvi Ananda Gibran. Sedangkan, KH Ma’ruf Amin, didampingi ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin.

Acara ini juga disaksikan oleh jajaran pejabat tinggi di lingkungan Sekretariat Wapres, staf, dan wartawan Istana yang meliput dengan antusias.

Buku Memori Jabatan ini merangkum capaian-capaian penting serta tantangan yang dihadapi selama periode Kyai Ma’ruf Amin menjabat sebagai Wakil Presiden 2019-2024.

Baca Juga: Federasi Sepak Bola Bahrain Tepok Jidat, Menpora Dito Sebut FIFA Tolak Laga Kontra Timnas Indonesia Diadakan di Tempat Netral

Di dalamnya, Kyai Ma’ruf menuliskan berbagai inisiatif strategis yang telah dijalankan, yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pembangunan kesejahteraan sosial-ekonomi rakyat Indonesia.

Dalam buku setebal sekitar seratus halaman tersebut, dijelaskan berbagai agenda, termasuk penurunan prevalensi stunting, akselerasi pertumbuhan ekonomi dan keuangan Syariah.

Ada pula, soal pemberdayaan ekonomi pesantren, reformasi birokrasi, serta percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Papua.

Halaman:

Tags

Terkini