ekobis

Kisah Pengusaha Jambu Citra di Kudus, Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pemberdayaan BRI

Selasa, 15 Oktober 2024 | 09:30 WIB
Potret SIswadi, pengusaha jambu citra di Kudus, Jateng. Sukses berkat pemberdayaan BRI. (Foto: Dok. BRI)

Arahpublik.com – Kisah sukses Siswadi, pengusaha jambu citra di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), berkat program pemberdayaan dari Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Berawal dari pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI, Siswadi berjasil mengembangkan usaha jambu citra miliknya.

Ya, jambu citra menjadi salah satu varietas jambu air unggulan yang berhasil 'dipopulerkan' oleh petani di Desa Menawan, Kecamatan Gebok, Kabupaten Kudus, Jateng.

Baca Juga: BRImo FSTVL 2024 Hadir Bidik Generasi Muda: Padukan Kecanggihan Teknologi dan Hiburan

Bentuknya menyerupai lonceng, buahnya tebal, kadar airnya tinggi dan rasanya manis. Itulah yang disukai masyarakat dari jambu citra.

Usut punya usut, memang bibit jambu citra yang ditanam di Desa Menawan bukan endemik daerah tersebut. Hal itu diakui oleh Siswadi, salah satu warga yang juga petani asli dari Desa Menawan.

Dia bercerita kalau sebenarnya desanya memiliki varietas jambu air cincalo. Namun pasarnya kurang mengena.

Baca Juga: Peringatan Pertempuran Lima Hari di Semarang, Sekda Jateng: Momentum Kobarkan Semangat Nasionalisme

"Memang jambu cincalo tumbuh di desa kami, tapi pasarnya kurang mengena. Lalu ada petani di desa kami yang aktif berinovasi dan pergi ke daerah Salaman, Magelang beli bibit,” ucap Siswadi.

Awalnya, Siswadi mengaku, belum mengetahui jenis jambu tersebut. Sampai akhirnya tumbuh dan ternyata jambu citra yang sangat laku di Jakarta.

“Akhirnya warga yang tadinya petani padi, tebu, dan jambu cincalo beralih menanam jambu citra," ujar Siswadi, dalam rilis, Selasa (15/10/2024).

Baca Juga: Daftar Lengkap 49 Calon Menteri yang Datang Menghadap Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Ajukan Pinjaman KUR BRI

Di Desa Menawan, hampir setiap warganya memiliki pohon jambu citra yang kini jumlahnya mencapai ribuan, dan Siswadi salah satunya.

Berbekal ilmu yang didapatkannya, lantas Siswadi mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI untuk perawatan pohon jambu citra yang digunakannya untuk membeli pupuk dan obat hama.

Halaman:

Tags

Terkini