olahraga

Mengintip Penjemputan Kontingen Peparnas XVII Solo 2024, Aspek Keamanan dan Keselamatan Atlet Disabilitas Jadi Prioritas

Jumat, 4 Oktober 2024 | 08:33 WIB
Peparnas XVII Solo 2024: Atlet paralimpiade Kalimantan Timur tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Rabu (2/10/2024). (Foto: PB PEPARNAS/Yoma Times Suryadi)

Arahpublik.com – Perhelatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024, segera dimulai pada Minggu (6/10/2024). Para kontingen dari 35 provinsi pun mulai berdatangan.

Susuai jadwal, Peparnas 2024 berlangsung pada 6-13 Oktober 2024, dengan tuan rumah Solo Raya, Jawa Tengah (Jateng), meliputi Kota Solo, Kabupaten Sukoharjo, Boyolali dan Karanganyar.

Diperkirakan, Peparnas 2024 di Solo Raya, bakal diikuti 4.625 atlet dan ofisial, yang saat ini mulai berdatangan, jelang acara pembukaan pada hari Minggu lusa.

Baca Juga: Politisi PKB Rusdi Kirana Jabat Wakil Ketua MPR Periode 2024-2029: Berpolitik Bagi Saya Pengabdian

Pihak panitia Peparnas 2024 pun telah menyiapkan sejumlah armada angkutan bagi atlet dan ofisial selama penyelenggaraan multievent olahraga disabilitas terbesar di Indonesia itu.

Aspek keamanan dan keselamatan mendapat perhatian khusus dalam penyediaan angkutan. Seluruh armada yang digunakan dipastikan memenuhi standar Laik Fungsi Jalan.

Kadiv Wasdal Kantor Terminal Tipe A Tirtonadi, Sunardi, menekankan pentingnya pengecekan armada.

Baca Juga: Satu Dekade Infrastruktur Transportasi Era Jokowi dengan Sederet Masalah: Sarang Pelecehan Seksual hingga Isu Kesehatan Masyarakat

Dia mengatakan, alat transportasi harus memenuhi persyaratan laik keselamatan. Pihaknya juga telah melakukan pengecekan kendaraan atau Ram Check.

“Jadi, semua unit yang akan digunakan untuk pelayanan transportasi Peparnas XVII semuanya harus seusai laik keselamatan ataupun ram check-nya lolos,” ucap Sunardi, dikutip Jumat (4/10/2024).

“Di sini juga ada pendukung yang berasal dari Trans Jakarta. Armada ini juga akan mendukung kegiatan Peparnas XVII,” lanjutnya.

Baca Juga: Derap Pasukan Jaga Ketahanan Pangan Papua: Sebuah Ironi Ditengah Lahan Pertanian Melimpah Namun Kurang Produktivitas

Sunardi memastikan, bahwa seluruh armada yang akan digunakan sebagai angkutan telah dinyatakan layak sebagai alat transportasi, khususnya bagi penyandang disabilitas pada Peparnas XVII ini.

“Bus-bus umum yang disewa atau dipakai untuk angkutan Peparnas XVII ini, semuanya kami melakukan Ram Check,” kata Sunardi.

Ia pun menegaskan, semua angkutan digunakan para atlet hingga ofisial harus layak.

Halaman:

Tags

Terkini