olahraga

Kemeriahan Upacara Pembukaan Peparnas XVII 2024 di Stadion Manahan Solo: Pesta Kembang Api hingga Penampilan God Bless

Senin, 7 Oktober 2024 | 14:39 WIB
Atlet menyaksikan kembang api pada Upacara Pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Stadion Manahan, Solo, Minggu (6/10/2024) malam. (Foto: PB Peparnas / Arnold Simanjuntak)

Arahpublik.com – Upacara pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024, di Stadiona Manahan, Solo, Jawa Tengah, berlangsung meriah, pada Minggu 6/10/2024) malam.

Acara pembukaan Peparnas XVII Solo 2024, ditonton langsung oleh ribuan masyarakat yang memadati Stadion Manahan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlihat hadir, sekaligus membuka Peparnas XVII Solo 2024. Tampak pula sejumlah menteri dan Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2025 Zona Asia, Shin Tae-yong Ungkap Kondisi Timnas Indonesia dan Cuaca di Bahrain

Ribuan atlet dan ofisial yang merupakan kontingen Peparnas XVII 2024 dari 35 provinsi, juga tampak hadir dan larut dalam kegembiraan.

Dalam sambutanya, Presiden Jokowi, mengatakan penyelenggaraan Peparnas merupakan momen spesial, karena dapat bertemu langsung dengan atlet penyandang disabilitas.

"Buat saya Pekan Paralimpiade ini spesial. Tadi siang saya terbang dari IKN Nusantara ke Solo khusus untuk pembukaan Peparnas ke-17 ini,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Latihan Perdana Timnas Indonesia Diikuti 15 Pemain, Shin Tae-yong Fokus Pemulihan Fisik Jelang Lawan Bahrain

“Khusus untuk bertemu para atlet dan official peserta Peparnas, dan saya senang bertemu bapak/ibu dan saudara-saudara semuanya pada malam hari ini," lanjutnya.

Lalu, Presiden Jokowi, menekankan, Peparnas XVII 2024 bukan sekadar ajang kompetisi bagi atlet-atlet penyandang disabilitas untuk meraih prestasi atau untuk mencetak rekor baru.

“Tapi juga (Peparnas XVII 2024) sebagai panggung kesetaraan bagi para seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya," ucap Jokowi.

Baca Juga: Peparnas XVII 2024 ‘Bedo Nanging Digdoyo’, Jokowi Serukan Kesetaraan Bagi Atlet Penyandang Disabilitas

Jokowi mengatakan, kita semua patut berbangga karena atlet penyandang disabilitas Indonesia memiliki daya juang luar biasa, sehingga dapat menorehkan prestasi di kancah dunia.

“Di ajang Asian Para Games, Indonesia jadi juara umum tiga kali berturut-turut yaitu 2017, 2022, dan 2023,” ucap Jokowi.

Pencapaian atlet penyandang disabilitas di Paralimpiade Paris 2024, juga mencetak sejarah dengan rekor perolehan medali terbanyak sepanjang keikursertaan Indonesia di Paralimpiade.

Halaman:

Tags

Terkini