olahraga

Cerita Peparnas XVII Solo 2024: De Jhon dan Agnes, Dua Atlet Para Renang Papua yang ‘Bersahabat’ dengan Ombak Laut

Kamis, 10 Oktober 2024 | 10:43 WIB
Dua atlet para renang Papua, De Jhon Waromi dan Agnes M Yowei, saat konferensi pers Peparnas VXII 2024 di The Royal Heritage Hotel, Solo, Jateng, Rabu (9/10/2024). (Foto: PB Peparnas/Triyatno Wisnu H)

Arahpublik.com – Selayaknya kawan setia, deburan ombak laut Papua, menjadikan De Jhon dan Agnes, menjadi perenang tangguh di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

Dua atlet para-renang Papua, bernama lengkap De Jhon Waromi dan Agnes M Yowei, menjadi perenang tangguh di ajang Peparnas XVII Solo 2024.

Ombak-ombak kecil di laut perkampungan Argapura Laut, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, membawa kesuksesan bagi De Jhon dan Agnes, di Peparnas XVII Solo 2024.

Baca Juga: Kontroversi Dugaan Penistaan Agama Selebgram Ratu Entok: Pernyataan Tentang Yesus Kristus hingga Dijemput Paksa Polda Sumut

Berawal dari ombak-ombak kecil yang menerpa kayu-kayu penyangga rumah warga di perkampungan itu, De Jhon dan Agnes, sukses mempersembahkan medali emas bagi daerahnya.

Kedua atlet Para-Renang tersebut, berhasil mengangkat nama daerahnya lewat prestasi gemilang di ajang olahraga penyandang disabilitas terbesar Nasional di Solo, Jateng.

Agnes, misalnya, sukses mempersembahkan satu emas untuk Provinsi Papua melalui nomor 100 meter gaya dada putri S10.

Baca Juga: 5 Fakta Insiden Penembakan Gadis di Kamar Kost Semarang: Korban Pernah ‘Ditampung’ di Rumah Tersangka

Ia mengukir waktu 1 menit 40,33 detik, meninggalkan para pesaingnya, Ummu Kalsum dari Sulawesi Selatan yang meraih perak, dan Naziyah dari Jawa Timur yang mendapatkan perunggu.

Sedangkan rekannya, Jhon menyabet emas di nomor 100 meter gaya dada putra S12 ini dengan catatan waktu 1 menit 12,91 detik.

Jhon mengalahkan Nanang Suardi kontingen Jawa Barat (Jabar) yang hanya meraih medali perak, dan atlet Jateng, Supri Warsono, yang merebut perunggu.

Baca Juga: BRI Raih 3 Penghargaan Bergengsi TOP BUMN Awards 2024: Direktur Utama Sunarso Dinobatkan Sebagai Best CEO

Belajar Renang dari Laut

Berbeda dengan atlet lainnya, kedua atlet elite Papua tersebut, tak berlatih di kolam renang, tetapi mereka mengawali renang melalui laut Argapura.

Baca Juga: Alasan Baim Wong Gugat Cerai hingga Tanggapan Paula Verhoeven, Simak Pandangan Ahli Soal Dampak Selingkuh dalam Keluarga

Halaman:

Tags

Terkini