olahraga

Peparnas XVII Solo 2024: Lutfi Afandi Pecahkan Rekor Nasional, Jateng Terus Berkibar di Puncak Klasemen Sementara Perolehan Medali

Jumat, 11 Oktober 2024 | 14:10 WIB
Atlet Jateng, Lutfi Afandi, peraih medali emas, sekaligus pemecah rekos Nasional para-renang gaya kupu-kupu 50m putra S11. (Foto: PB Peparnas XVII/Agoes Rudianto)

Arahpublik.com – Atlet Jawa Tengah (Jateng), Lutfi Afandi, sukses memecahkan rekor Nasional cabor para-renang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

Turun pada di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra klasifikasi S11, Lutfi Afandi, berhasil menorehkan rekor baru Nasional di Peparnas XVII Solo 2024.

Keberhasilan Lutfi Afandi, terasa spesial. Saat bersamaan, kontingen Jateng, masih terus berkibar memuncaki klasemen sementara perolehan medali Peparnas XVII Solo 2024.

Baca Juga: Kisah Ndaru Padma Putri di Peparnas XVII Solo 2024: Korban Gempa Yogya Jadi Andalan Tenis Kursi Roda dan Sederet Prestasi

Diketahui, hingga hari keempat, Kamis (10/10/2024) pukul 19.00 WIB, tuan rumah Jateng mengoleksi medali 103 emas, 76 perak, dan 74 perunggu.

Tentunya perolehan lebih dari 250 medali itu, dilengkapi dengan keberhasilan atletnya dalam memecahkan rekor baru.

Lutfi Afandi, suskes meraih medali emas, sekaligus memecahkan rekor nasional di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putra klasifikasi S11, dengan catatan waktu 35,86 detik.

Baca Juga: Peringatan Prabowo Kepada Koalisi Indonesia Maju: Kader yang Jadi Menteri Jangan Cari Uang dari APBN-APBD

Catatan waktu Lutfi Afandi, melampaui rekor nasional sebelumnya yang dicatat oleh Fajar Trihadi dengan waktu 38,35 detik pada ajang Peparnas XVI Papua 2021.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai terapis pijat itu, tidak menyangka bisa membubuhkan catatan rekor nasional baru dalam debutnya di ajang Peparnas XVII Solo 2024.

“Alhamdulillah pecah rekor, ini semua berkat dukungan masyarakat, pemerintah daerah dan pelatih daerah Jawa Tengah,” kata Lutfi Afandi.

Baca Juga: Peparnas XVII Solo 2024 Jadi Kawah Candradimuka Para E-Sport Sambut ASEAN Para Games 2025

"Sebenarnya saya tidak menyangka karena gaya kupu-kupu ini baru saya pelajari satu bulan. Alhamdulillah malah bisa memecahkan rekor," lanjutnya.

Selain Lutfi Afandi, konteng Jateng, juga unggul pada cabang olahraga Boccia.

Medali emas Jateng, pada  cabor Bocci, disumbangkan oleh Faris Sugiarta di nomor BC 4 tunggal putra, Chanifatul Mukkaromah di nomor tunggal putri BC5.

Halaman:

Tags

Terkini