olahraga

Peparnas XVII Solo 2024 Ajang Regenerasi, NPC Indonesia Lirik 18 Atlet Baru Persiapan ASEAN Para Games 2025 dan Paralimpiade 2028

Sabtu, 12 Oktober 2024 | 10:18 WIB
Potret atlet putri para-atletik asal Jateng, Mei Dista Afdarista, berlomba di Peparnas XVII 2024, Selasa (8/10/2024). (Foto: Andre/kemenpora.go.id)

Arahpublik.com - National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, melirik sejumlah atlet baru potensial yang tampil di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024.

Sejumlah atlet Peparnas XVII Solo 2024, masuk dalam radar NPC Indonesia. Potensi mereka bakal dimaksimalkan untuk meraih prestasi pada ASEAN Para Games (APG) Thailand 2025.

Terkait potensi atlet Peparnas XVII Solo 2024, diungkapkan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi NPC Indonesia, Sapta Kunta Purnama, saat jumpa pers, di Royal Surakarta Heritage, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: Prabowo Sambut Kedatangan Majelis Syuro PKS di Kertanegara: Kawan Lama Ketemu Lagi, Berbeda Tetap Bersahabat

“Terkait dengan Peparnas ini, itu adalah ajang yang nanti kami gunakan untuk jangka pendek sebagai persiapan yang nanti APG di Thailand,” ucap Sapta.

Da mengatakan, Peparnas XVII Solo 2024, menjadi wadah mencari atlet-atlet muda berkualitas. Mengingat belum banyaknya kompetisi olahraga khusus disabilitas yang bisa dipakai sebagai barometer.

Selain itu, Peparnas XVII 2024,  juga digunakan sebagai persiapan jangka pendek menghadapi dua event internasional, yaitu APG Thailand 2025 dan Paralimpiade Amerika Serikat 2028.

Baca Juga: Gibran Sebut Pelaksanaan Peparnas XVII Solo 2024 Lebih Baik Ketimbang PON XXI Aceh-Sumut, Ini Janji Wapres Terpilih

Sapta menyebut, sebanyak 20 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di ajang Peparnas XVII sudah disesuaikan dengan cabor yang akan dipertandingkan di APG 2025.

Baru 18 Atlet yang Dilirik Masuk Pelatnas

Selama empat hari penyelenggaraan Peparnas XVII, NPC Indonesia telah memantau 16 atlet para-atletik dan dua atlet para-panahan yang bisa masuk pelatnas.

Baca Juga: Peparnas XVII Solo 2024 Lahirkan Atlet Baru Judo Tunanetra, Potensi Tampil di ASEAN Para Games 2025

"Ini dari beberapa catatan-catatan nomor-nomor yang dipertandingkan kemarin, kita selalu di setiap venue itu ada yang memantau,” kata Sapta.

“Sekarang ini ada 16 atlet kita yang di atletik itu sudah terpantau potensi baru yang kemudian nanti akan kami kembangkan. Termasuk di panahan juga ada dua,” lanjutnya.

Khusus para-panahan, kata Sapta, atlet potensial yang dilirik masuk pelatnas punya prestasi luar biasa.

Halaman:

Tags

Terkini