olahraga

Peparnas XVII Solo 2024 Berakhir, Menpora Dito: Kesetaraan Pengembangan Olahraga Harus Berlanjut di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Senin, 14 Oktober 2024 | 14:09 WIB
Menpora, Dito Ariotedjo (tengah), berfoto bersama penyandang disabilitas pada Upacara Penutupan Peparnas XVII 2024, di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Minggu (13/10/2024). ( Foto: PB Peparnas XVII/Agoes Rudianto)

Arahpublik.com - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024 resmi ditutup pada Minggu (13/10/2024) malam. Ini harapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo.

Malam penutupan Peparnas XVII 2024, yang berlangsung di Stadion Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) sangat meriah dan megah.

Pada kesempatan itu, Menpora Dito, berharap sekaligus mendorong pengembangan olahraga yang inklusif berlanjut pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Peparnas XVII Solo 2024: Ratusan Rekor Baru Nasional dan Asia Tenggara Tercipta, Modal Indonesia Bersaing di Level Dunia

Harapan Menpora Dito tersebut, agar prestasi pada bidang olahraga penyandang disabilitas dapat terus terjaga, bahkan meningkat ke kancah dunia.

Dia mengatakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membawa prestasi olahraga difabel Indonesia melambung hingga level internasional.

“Perjalanan tidak berhenti sampai di sini. Inklusivitas yang telah kita bangun harus diteruskan di pemerintahan yang akan datang,” kata Menpora Dito.

Baca Juga: BRI Kembali Gelar Program Pengusaha Muda BRILiaN 2024: Upaya Tumbuhkan Semangat Entrepreneurship Generasi Muda

Oleh karena itu, dia menyatakan pemerintahan ke depan harus tetap menjaga kesetaraan dalam pengembangan olahraga.

“Inklusivitas harus jadi bagian integral bagi pengembangan olahraga di masa depan,” jelas Menpora Dito, dalam pidatonya di malam penutupan Peparnas XVII Solo 2024.

Ia menilai, para atlet disabilitas yang bertarung di Peparnas telah menjadi bukti bahwa olahraga adalah hak semua orang.

Baca Juga: Dirut BRI Sunarso Ungkap Ketahanan Pangan Kunci Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Menurut dia, Peparnas XVII Solo 2024, sukses menjadi penutup manis bagi perjalanan panjang Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan pemerintah pusat.

Sebagai informasi, Peparnas XVII adalah program olahraga nasional terakhir di bawah pemerintahan Jokowi.

“Kita perlu berkomitmen untuk memastikan bahwa penyandang disabilitas dapat kesempatan yang sama untuk tumbuh dan lebih tangguh dan maju bersama, demi Indonesia Raya,” ucap Menpora Dito.

Halaman:

Tags

Terkini