religi

Soal Salah Cetak Surat Al-Kahfi Ayat 8, Kemenag Sudah Melarang Peredaran Mushaf Terbitan Ini

Rabu, 16 Agustus 2023 | 14:02 WIB
Beredar foto salah cetak terkait huruf dalam surat Al-Quran. (Foto: Twitter @mohmahfudmd)

Arahpublik.com - Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag, Akhmad Fauzin memberikan informasi soal salah cetak di dalam ayat Al-Quran. 

Ia menjelaskan, LPMQ Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama sudah memberikan penjelasan sejak foto ini pertama kali beredar.

“Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama telah memberikan penjelasan sejak kali pertama foto ini beredar pada April 2022,” jelasnya di Jakarta, Minggu (13/8/2023).

Mushaf Al-Qur’an yang terdapat kesalahan cetak pada Surat Al-Kahfi ayat 8 merupakan pesanan BWA kepada penerbit Mulia Abadi Bekasi.

“Mushaf tersebut tidak melalui proses pentashihan di LPMQ. Adapun Surat Tanda Tashih yang tercantum dalam mushaf tersebut adalah Surat Tanda Tashih untuk mushaf Ar-Rahman milik penerbit Mulia Abadi Bekasi,” ujar Fauzin dalam siaran pers LPMQ, dikutip dari kemenag.go.id, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Bocoran Spesifikasi dan Harga Mobil Listrik Hyundai IONIQ 6 yang Baru Saja Dijual di Indonesia

Ahmad Fauzin menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 44 Tahun 2016 tentang Penerbitan, Pentashihan, dan Peredaran Mushaf Al-Quran, sejak April 2022, LPMQ telah menegur, mengingatkan, dan memerintah untuk melakukan penarikan dan melarang pengedaran mushaf tersebut.

Dia meminta masyarakat agar melaporkan kepada LPMQ apabila masih terdapat mushaf Al-Quran yang memiliki kesalahan.

“Jika masyarakat masih menemukan mushaf Al-Qur'an yang terdapat kesalahan tersebut, agar segera melaporkannya kepada LPMQ dan mengirimkan mushaf tersebut kepada penerbit Mulia Abadi yang beralamat di Jalan Mughni Raya, No. 107, Jatimekar, Jatiasih, Bekasi, Telepon (021) 84904159, WA 0811165370, emailpenerbitmuliaabadi@gmail.com, untuk diganti dengan mushaf Al-Qur'an yang sudah benar,” terangnya.

Ahmad Fauzi Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) menerangkan bahwa foto yang sama telah beredar sebanyak empat kali, yakni pada April 2022, Oktober 2022, Desember 2022, hingga yang terbaru Agustus 2023 ini.

Baca Juga: Taman Burung di TMII: Harga Tiket, Jam Operasional, dan Fasilitas

“*Pak Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas ini ada Al Qur'an cetakan Kemenag RI, Salah Huruf di Surat Al Kahfi ayat 8. Huruf ع diganti ه. Mohon perhatian pada ummat Islam, tolong diShare Biar cepat tersebar dan cepat dilaporkan dan segera ditindak lanjuti...

-
-
”.

Sebelumnya, beredar foto di media sosial yang menunjukkan adanya kesalahan cetak di lembar mushaf Al-Qur’an yang diterbitkan oleh Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA). 

Foto tersebut memperlihatkan lembaran Al-Quran di halaman 294 beserta tanda panah warna biru yang menunjuk tulisan lajaahiluuna pada Surat Al-Kahfi ayat 8.

Halaman:

Tags

Terkini